Wednesday, December 31, 2014

Hiking to Semeru II

Tanggal 19 – 23 Desember 2014 kemaren saya dan teman-teman mengadakan acara mendaki Gunung Semeru.  Kami mendaki Semeru ber 8. Tapi yang start dari Jogja 6 orang ( aku, Yan, Panggih, Junior, Lintang dan Mr.Josh ) sedangkan yang 2 orang lagi bertemu di Pasar Tumpang. Kami packing di kost Lintang. Rencana mau berangkat ke Malang jam 3 sore, tapi biasalah orang Indonesia molor-molor dikit hinggal akhirnya kami berangkat dari Terminal Giwangan jam 8 malam.

Foto di terminal Giwangan, Yogyakarta

Kami tiba di terminal Arjosari Malang sekitar jam 5 pagi. Kami langsung mencari angkot menuju ke Pasar Tumpang. Setelah dapat akhirnya kami langsung berangkat menuju Tumpang. Kami sampai di Pasar Tumpang sekitar jam setengah 7 pagi. Langsung menuju ke rumah Pak Rusno dan bertemu dengan 2 orang yang mau mendaki bersama ( mas Aidit dan mbak Novi ). Setelah naruh barang di rumah Pak Rusno, kami langsung membagi tugas untuk membeli logistic di Pasar Tumpang da nada yang mengumpulkan syarat-syarat untuk mendaki ( FC KTP, surat sehat ). Dan kami membeli banyak sekali logostik. Setelah semua selesai, sekitar jam 8 pagi kami mulai berangkat menuju ke basecamp Ranupani menggunakan truk Pak Rusno.

Foto-foto di Pasar Tumpang
Perjalanan dari pasar Tumpang ke Ranu Pani sekitar 2 jam. Dengan kondisi jalan yang nanjak terus. Di tengah perjalanan kami berhenti untuk berfoto bersama. Karena ada pemandangan bukit “Teletubies” yang saat itu sangat hijau karena sedang musim hujan.
FOTO DI BUKIT TELETUBIES
Setelah itu kami langsung melanjutkan perjalanan menuju Ranu Pani. Setelah cukup lama terombang-ambing di dalam truk, akhirnya kami sampai juga di Ranu Pani. Saat itu menunjukan sekitar pukul 10 pagi. Kami lalu jalan menuju untuk packing ulang barang-barang bawaan karena banyak barang yang belum masuk. Beberapa orang mulai membongkar carrier mereka dan saya melakukan registrasi. Setelah selesai registrasi saya membantu packing. Saat packing tiba-tiba hujan mulai turun dan cukup deras. Setelah selesai packing pun hujan masih turun cukup deras. Kami pun memutuskan untuk makan dulu, karena memang dari pagi belum makan.

Jam 11.45 WIB kami akhirnya memutuskan untuk memulai pendakian walaupun masih hujan rintik-rintik. Awalnya kami jalan senang gembira, tapi lama-kelamaan mulai melambat jalannya karena memang jaraknya jauh. Tapi kami menyempatkan berfoto di gerbang pemberangkatan gunung Semeru.

Perjalanan yang kami lakukan dari Ranu Pani sampai Ranu Kumbolo cukup cepat, karena hanya memakan waktu sekitar 4 jam 30 menitan. Walaupun dalam keadaan hujan, kami masih semangat untuk segera melihat Ranu Kumbolo. Itulah yang membuat kami dapat berjalan dengan cepat.

Kami sampai di Ranu Kumbolo sekitar jam 16.30 WIB dan masih hujan dan kami semua kedinginan. Setelah semua sampai kami langsung mendirikan tenda. Saat membuat tenda kami semua mengigil, saya berusaha cepat membangun tenda karena ada 1 cewe yang ikut dan itu menjadi prioritasku. Setelah tenda jadi, Mbak Novi kusuruh masuk tenda untuk membereskan di dalam tenda dan yang lainnya masih membangun tenda yang lain serta membentang flysheet.

Setelah semua selesai dibangun, kami masuk tenda dan langsung ganti baju karena semua baju basah. Setelah selesai ganti aku masak air dan membuat kopi. Mas Yan dan Mbak Novi masak untuk makan malam. Masaknya cukup lama, lebih dari 1 jam. Setelah semua makanan selesai dan siap dihidangkan, kamipun makan. Ternyata makanannya kebanyakan jadi gak habis. Setelah selesai makan kami lalu siap untuk tidur dan perlengkapan makan kami biarkan karna dibersihinnya besok pagi. Pada saat tidur ternyata Mbak Novi terlihat kedinginan, walaupun dia sudah pake SB sendiri, akupun akhirnya memberikan setengah dari SBku… Mulia sekali niatku ini… wkwkwk…

Pagi harinya, Junior dan Mr.Josh bangun paling awal. Mungkin sekitar jam 05.00 WIB. Dan itu aku masih tidur. Setelah semua bangun, kami langsung menjemur semua barang-barang kami yang basah. Dan tenda kami terlihat kumuh sekali. Kemudian masing-masing pada berfoto ria, tapi tidak untuk aku sama Mbak Novi, karena kami tidah niat untuk berfoto. :D Setelah semua puas berfoto, akhirnya kami mulai memasak. Kami masak kaya buka dapur umum, karena emang kelihatan kaya gitu. Dan yang kami masak juga banyak banget. Kami masak sekitar 2 jam lebih. Setelah selesai makan, kami makan dengan lahap dan akhirnya sama, kami tidak habis. Dan dengan sangat terpasksa kami kubur sisa makanannya. Lalu kami packing. Setelah itu kami lanjut menuju ke Kali Mati.

Foto-Foto di Ranu Kumbolo

Sekitar jam 11.00 WIB kami melanjutkan perjalanan menuju ke Kali Mati. Tantangan pertama kami harus melewati Tanjakan Cinta. Memang cukup berat untuk melewati Tanjakan tersebut. Sesampainya di atas kami langsung istirahat sebentar. Lalu kami jalan lagi menuju ke Cemoro Kandang. Sebelum sampai Cemoro Kandang, hujan tiba-tiba turun lagi dan cukup deras. Semua pake mantol kecuali aku. Hahahaha…

Perjalanan dari Cemoro Kandang ke Jambangan kebanyakan tanjakan dan itu membuat mbak Novi jalan santai ditemani yang lainnya. Sepertinya perjalanan ini cukup berat karena semua pada menanyakan dimana letak pos Jambangan itu. Sesampainya di pos Jambangan kami istirahat agak lama, tapi mbak Novi cuman istirahat bentar, lalu aku nyusul soalnya takut kalo terjadi apa. Dan ternyata kalo turunan mbak Novi jalannya cepet banget, yang lain jauh tertinggal di blakang.

Pos Jambangan

Aku sama mbak Novi sampai ru Kali Mati duluan dan kami mencari tempat camp. Setelah semuanya sampai kamipun langsung mendikikan tenda, tapi aku sempet sedikit emosi soalnya yang lain nunggu perintah baru kerja. Tapi gapapa, akhirnya semua kerja dengan baik… hehehe… Setelah tenda jadi, Panggih, Lintang, sama Junior ambil air. Jaraknya cukup jauh sekitar 30 menitan. Dan aku santai-santai di dalam tenda.

Lalu kamipun masak untuk makan malam. Kami masak banyak banget sampai akhirnya kami makannya tidak habis. Setelah selesai makan kami tidur. Rencana mulai muncak jam 22.00 WIB.

Tiba-tiba bunyi alarm jam 20.45 WIB, tapi gak ada yang bangun. Aku sama mbak Novi  gak bisa tidur sedangkan yang lainnya pada nyenyak semua. Tapi akhirnya jam 20.30 WIB mulai pada bangun, lalu kami langsung siap-siap untuk nanjak ke PUNCAK. Sebelum berangkat kami berdoa terlebih dulu. Kami mulai jalan jam 23.00 WIB. Di tengah jalan mbak Novi gak bisa mengimbangi jalannya anak-anak yang lain, akhirnya kami memnutuskan bagi 2 tim, aku sama mbak Novi santai di belakang, sengankan Panggih, Yan, Pak Aidil, Junior, Lintang, dan Mr. Josh jalan duluan.

Awalnya pas mulai jalan di tanjakan pasir, setelah lewat batas vegetasi aku memberi pertimbangan ke mbak Novi, tujuan aslinya sih biar turun soalnya aku males dan suhunya cukup dingin, tapi mbak Novi malah termotivasi untuk terus naik. Yaudah akhirnya tak ikutin deh… wahahaha… Pas udah setengah perjalanan, tiba-tiba ada bapak-bapak yang marah-marah karena pendaki banyak yang naik seenaknya dan itu membuat suasana menjadi tidak enak. Lalu mbak Novi kepingin turun, tapi berhubung sudah setengah perjalanan, akupun memotivasi untuk terus naik.

Akhirnya setelah 7 jam perjalanan, kami sampai di puncak dan mbak Novi terlihat capek sekali… wahahaha… aku juga sih.. sampe di atas langsung bobok manis… :D

Foto-foto di Puncak Mahameru

Lalu jam 08.00 WIB kami turun dari puncak menuju ke Kali Mati. Sampe sana kami langsung tidur.. pada capek semua.. pas bangun udah ada makanan… Puji Tuhannn… kami langsung makan… Rencana mau turun jam 13.00 WIB, tapi akhirnya turun jam 15.00 WIB dan kami langsung menuju ke Ranu Pani.

Pas mau turun juga hujan turun tapi tidak lama. Ada 1 kesalahan yang kami lakukan yaitu waktu sanpai di Ranu Kumbolo, kami tidak mengisi air, jadi pas di jalan kami kekurangan air minum. Selama perjalanan itu aku selalu di paling belakang. Lalu pada saat yang lain jalan duluan, aku barengan sama mbak Novi, soalnya gak mungkin ninggal sendiri di belakang. Dan itu masih tanggung jawabku… haseeekkk… :D
Kami sampai di Ranu Pani sekitar jam 23.00 WIB, lalu setelah mempertimbangkan banyak hal, kami memutuskan untuk menginap di Ranu Pani, dan kami bobok di mushola karena di luar dingin dan gak memungkinkan.

Pagi harinya kami bangun karna ada orang yang mau shalat, kemudian kami beres-beres, makan, dan jam 08.00 WIB kami turun menggunakan truk menuju ke Tumpang. Tapi di tengah jalan kami foto-foto lagi. Sampai di Tumpang, kami langsung mencari angkot, lalu kami pulang ke tujuan kami masing-masing.

Begitu banyak kenangan yang terjadi selama pendakian, saat tertawa, saling ejek, keberatan bawa carrier, kedinginan, saat berbagi cerita dan lain-lain. Terima kasih kepada semua yang telah ikut trip ini. Mas Aidil, Mbak Novi, Mas Panggih, Mas Yan, Mr.Josh, Lintang, Junior ( Yosi ). Semoga kapan-kapan bisa jalan-jalan bareng lagi. YANG BERKESAN BUKANLAH  PUNCAK MAHAMERU, TAPI PROSES SAAT KITA BERUSAHA UNTUK MENCAPAI PUNCAK TERSEBUT. Waseeekk… wahahahaha…. :D