Friday, January 2, 2015

Pendakian Gunung Semeru (3.676 mdpl)




Tanggal 10-14 Agustus 2014 kemarin, untuk pertama kalinya aku menginjakkan kakiku di Gunung Semeru. Itu adalah rencanaku sejak lama, sejak tahun 2013, tapi baru bisa terwujud Agustus 2014 kemaren.

Kelompok kami terdiri dari 5 orang. Semua adalah teman-teman SMAku. Perjalanan kami isi dengan banyak cerita, dimana kami saling menceritakan cerita kami masing-masing, sedangkan yang lain mendengarkan. Terkadang juga kami mengingat kenangan lama kami sewaktu SMA.
Dalam perjalanan mendaki, kami jalan cukup cepat mungkin karena semangat kami yang sangat membara. Secara Semeru adalah gunung tertinggi di Pulau Jawa. Dari Ranu Pane sampai Ranu Kumbolo kami hanya membutuhkan waktu 3 jam 30 menit. Dari Ranu Kumbolo ke Kali Mati 2 jam 30 menitan. Yang paling lama adalah ketika menuju puncak, kami berjalan sekitar 6 jam, tapi ya sebanding dengan apa yang kami dapatkan. Kepuasan tersendiri.
Dalam perjalanan menuju puncak begitu banyak hal yang kami lakukan bersama. Mulai dari bergantian membawa carrier, saling menunggu, saling menyemangati, saling ejek karna medan yang cukup berat. Tapi semua itu terasa menyenangkan, karena dilakukan bersama. Bahkan ketika sampai puncak Mahameru, kamupun berbagi minum dengan pendaki lain yang kehabisan air minum. Karena pada saat mendaki, kita semua adalah “SAUDARA”. Kita bisa akrab dengan siapa saja, karena semua pendaki mempunyai tujuan yang sama, yaitu PUNCAK gunung tersebut.
Kita tidak hanya bertukar cerita dengan teman sekelompok, tapi juga dengan pendaki lain yang kita temui.  Dengan adanya orang lain yang selalu ada bersama kita mengingatkanku suatu kalimat  saat aku SMA :
“SUATU KENYATAAN BAHWA KITA TIDAK SENDIRIAN”
Kalimat yang sangat berkesan. Dan selalu kuingat si setiap aku melakukan kegiatan-kegiatanku. Karena kita tidak pernah sendiri.















1 comment: